Sejarah Singkat Perkembangan Sekolah

“Membaca sejarah adalah cara menemukan harapan. Harapanlah yang membuat kita rela dan berani melakukan kebajikan-kebajikan hari ini, walaupun buah kebajikan itu akan dipetik oleh mereka yang baru akan lahir esok hari.” ― Muhammad Anis Matta, Gelombang Ketiga Indonesia

Kecamatan Bayongbong, sebagai salah satu kecamatan di Kabupaten Garut yang memiliki potensi pengembangan lahan pedesaan untuk dikembangkan menjadi lahan perkotaan, dimana kecamatan Bayongbong yang memiliki keuntungan aksesibilitas dalam pelayanan transportasi darat, yakni melalui jalan arteri primer.
 
Letaknya yang strategis, merupakan simbol pergerakan barang, orang dalam lingkup regional kecamatan (Cikajang, Cisurupan, Cigedug, Sukaresmi, Pasirwangi, Samarang dan Garut Selatan), Sehingga dengan potensi yang ada, diperlukan sumber daya manusia yang mampu memanfaatkan potensi yang ada.
 
Oleh sebab itu, SMK Negeri 9 Garut didirikan pada tanggal 14 Mei 2007 yang dulunya bernama SMK Negeri 1 Bayongbong Garut. Pada awal berdirinya, sekolah ini cukup mendapat respon positif dari masyarakat. Hal itu terbukti pada angkatan pertama tercatat sebanyak 257 siswa yang mendaftarkan diri untuk menjadi siswa SMKN 9 Garut (SMKN 1 Bayongbong).
 
Pada awal berdirinya, SMKN 1 Bayongbong ini membuka 4 Program Keahlian, diantaranya :
1. Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik
2. Teknik Audio Video
3. Teknik Otomotif
4. Teknik Multimedia

Atas dasar landasan idiil pembukaan UUD 1945 dan landasan konsitusional Tap MPR No. IV tahun 1987 dan UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, maka pemerintah dan segenap lapisan masyarakat yang peduli pendidikan diharapkan mengadakan upaya-upaya proses pembangunan dalam bidang pendidikan untuk setiap jenjang pendidikan salah satunya SMK dengan berbagai jenis keahlian dan spesialisasi sesuai dengan kebutuhan proses pembangunan guna meletakan landasan pokok yang akan mendukung proses pembangunan bidang lainnya, baik dilakukan secara formal, informal maupun non formal.
 
Perkembangan SMKN 9 Garut cukup pesat, terbukti pada tahun pelajaran 2014/2015 sudah memiliki siswa sebanyak 1203 dengan 5 Kompetensi keahlian yang dibuka, yakni :
1. Teknik Gambar Bangunan
2. Teknik Elektronika Industri
3. Teknik Instalasi Tenaga Listrik
4. Teknik Kendaraan Ringan
5. Teknik Multimedia.
 
Banyak potensi potensi yang masih bisa dikembangkan dari SMK ini, mengingat perkembangan masyarakat yang cepat dan prospek yang sangat menarik yang terdapat di SMK Negeri 9 Garut ini.

12

2007

143

web analytics

76

email campaigns

41

first position

16

team members

96

SEO campaigns

Milestones

SMK Negeri 9 Garut dari Tahun ke Tahun

2007 - Now

Juli, 2007

Tahun 2007 Program Keahlian yang dibuka adalah Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik, Teknik Audio Video, Teknik Otomotif, dan Teknik Multimedia.

Juli, 2009

Setelah sukses membuka 4 Program Keahlian baru di tahun 2007, SMK Negeri 9 Garut di Tahun 2009 ini membuka satu Program Keahlian baru yakni, Teknik Gambar Bangunan  sehingga Program Keahlian yang ada menjadi 5 yakni, Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik, Teknik Audio Video, Teknik Otomotif, Teknik Multimedia dan Teknik gambar Bangunan

Juli, 2012

Di Tahun 2012 ini, Program Keahlian Teknik Audio Video dibekukan mengingat prospek dari Program Keahlian Elektronika Industri lebih cerah, maka ditahun 2012 ini pula Teknik Elektronika Industri dibuka sehingga Program Keahlian yang ada tetap menjadi 5 yakni, Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik, Teknik Elektronika Industri, Teknik Otomotif, Teknik Multimedia dan Teknik gambar Bangunan

February, 2015

Di Tahun 2015 ini, SMK Negeri 9 Garut memiliki target yakni di tahun ini SMK Negeri 9 Garut menjadi Sekolah Rujukan Sehingga SMK Negeri 9 Garut berencana membuka Program Keahlian (Kompetensi Keahlian) baru, Kompetensi Keahlian Apa? Kita Tunggu Bersama-sama.