Rapat Koordinasi Kegiatan Pendampingan SMK PK Non Fisik Tahun 2021 Oleh BBPPMPV BBL Medan

Pada Tanggal 9 Oktober 2021 SMK 9 Garut SMKN 9 Garut kedatangan tamu istimewa yaitu dari Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bangunan dan Listrik (BBPPMPV BBL) Medan yang di wakili oleh Ibu Dermalince Sitinjak, S.Pd., M.Pd dan Irma Gusti Simamora, SH., M.Si. Kegiatan ini bertujuan dalam rangka Rapat Koordinasi Kegiatan Pendampingan SMK Pusat Keunggulan Non Fisik Tahun 2021.
Pada pembukaan rapat Kepala Sekolah SMKN 9 Garut Dra. Hj. Neti Achlan, M.Pd. menyampaikan beberapa poin yaitu:
- SMKN 9 Garut telah mendapatkan program keunggulan, COE dan CEO
- Sudah mensosialisasikan Program SMK PK kepada siswa dan orangtua
- Sudah melaksanakan IHT SMK PK kepada para guru
- Sekolah sudah membuat budaya kerja seperti di industri
- Sudah melakukan tatap muka terbatas
- Pembiasaan melaksanakan ibadah bersama seperti shalat duha dan shalat wajib berjamaah
- Melaksanakan sosialisasi Gerakan Sekolah Menyenangkan kepada warga sekolah
- Sekolah sudah mulai proses penyelerasan kurikulum dengan industri. Dan akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal Akhir Oktober mendatang.
Selanjutnya Ibu Dermalince Sitinjak, S.Pd., M.Pd dan Irma Gusti Simamora, SH., M.Si. menyampaikan arahan nya sebagai berikut:
Sambutan 1
- Melakukan pendampingan dan berdiskusi untuk mempertajam dalam kurikulum keunggulan.
- Sekolah sudah bagus dalam pelaksanaan kurikulum keunggulan
- Sekolah PK untuk penyiapan kurikulum paradigma baru
- Keinginan Industri dan SMK harus bisa bertemu
- Tugas beliau sebagai penyelaras kurikulum pembelajaran di SMK PK
- Selanjutnya ada refleksi tentang kegiatan SMK Keunggulan
- Hasil dari pembelajaran Profil Pelajar Pancasila dapat bermanfaat kepada masyarakat
Sambutan 2
- Sebagai pendamping dalam pelaksanaan SMK Pusat Keunggulan.
- Merefleksi dalam kegiatan SMK Keunggulan.
- Link and Match bisa terlaksana dalam waktu kedepannya.
- Kurikulum PK namanya adalah kurikulum paradigma baru, masih dalam kurikulum 2013
- Harus berpikir terbuka dan menerima masukan inovasi dari bawah ke atas.
Diakhir kegiatan beliau berdiskusi dengan guru Pengampu Profil Pelajar Pancasila untuk menrima, gambaran umu, kesan serta masukan langsung yang dapat menjadi perbaikan kedepannya.