SMKN 9 Garut Melaksanakan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) 2021

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa SMKN 9 Garut mulai melaksanakan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) tahun 2021 pada tanggal 25 Maret – 9 April 2021. Pada hari pertama dilaksanakan, UKK dimulai dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh Kepala Sekolah, Pengawas Pembina KCD IX, Penguji dari IDUKA, Guru Produktif dan perwakilan siswa kelas 12 sebagai peserta UKK. Dalam pelaksanakan UKK tidak lepas dari protokol kesehatan yang yang dianjurkan oleh pemerintah untuk mencega penyebaran Covid-19.

Sambutan Kepala Sekolah UKK 2021
Sambutan Kepala Sekolah UKK 2021

Sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 1 Tahun 2021 Tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta pelaksanaan Ujian sekolah dalam masa darurat penyebaran COVID-19. Tetapi SMK dapat melaksanakan ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan peserta didik sekolah menengah kejuruan juga dapat mengikuti uji kompetensi keahlian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI. UKK dilaksanakan di akhir masa studi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia usaha/industri. Hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi stakeholder hasil UKK dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja.

Guru Kompetensi Keahlian dan Penguji Internal UKK
Guru Kompetensi Keahlian dan Penguji Internal UKK

Kepala SMKN 9 Garut Dra. Hj. Neti Achlan, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan bahwa siswa-siswi harus tetap semangat dan melaksanakan secara maksimal kegiatan UKK ini ditengah segala keterbatasan akibat pandemi Covid-19. Supaya ketika mereka lulus dari SMK, bisa menjadi peibadi yang berkompeten, berkarakter dan dapat diterima di Industri dan Dunia Usaha.

Sambutan Pengawas UKK 2021
Sambutan Pengawas UKK 2021

Selanjutnya pengawas pembina KCD IX Dra. Hj Tuti marwati M.Pd menegaskan bahwa kerjasama dan pernikahan antara sekolah dan IDUKA merupakan sebuah langkah nyata bahwa sekolah berusaha untuk meningkatakan kualitas lulusan yang dapat dapar bersaing setelah lulusnya dari sekolah. Diharapakan melalui UKK ini dapat menjadi standar kualitas untuk lulusan SMKN 9 garut.

Penguji dari IDUKA
Penguji dari IDUKA

Pelaksanaan UKK SMKN 9 Garut menggunakan skema Ujian melalui sistem sertifikasi mitra DUDIKA atau Asosiasi Profesi. Adapun mitra Iduka tersebut adalah:

1. Kompetensi Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan dengan jumlah peserta 92 siswa bersama LSP P3 PUPR;
2. Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik dengan jumlah peserta 87 siswa bersama PT. Sabion;
3. Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri dengan jumlah peserta 96 siswa bersama PT. Layung Inovasi; Teknologi;
4. Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dengan jumlah peserta 100 siswa bersama CV. IB Mobil;
5. Kompetensi Keahlian Multimedia dengan jumlah peserta 106 siswa besama CV. Mobidu Synergi;
6. Kompetensi Keahlian Teknik Komputer jaringan dengan jumlah peserta 99 bersama PT. Skyline;

UKK di KK Teknik Elektronika Industri
UKK di KK Teknik Elektronika Industri
UKK TITL
UKK TITL
UKK TKRO
UKK TKRO

Semoga kegiatan UKK ini berjalan lancar sampai akhir dan menjadi bekal bagi calon lulusan SMKN 9 Garut dalam mencari pekerjaan dan menghadapi tantangan global. (Suhendar Aryadi)

 

2 Responses

Leave a Reply