Kemdikbud Gandeng BPKP Pantau UN Hari Keempat

JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melakukan peninjauan ujian nasional (UN) hari keempat di dua sekolah yang menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Pada pemantauan tersebut, Kemdikbud yang diwakili oleh pihak Inspektorat Jenderal turut menggandeng Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) guna memastikan kelancaran ujian para pserta UN.

Inspektur Jenderal (Irjen) Kemdikbud, Daryanto menjelaskan, tujuan menggandeng BPKP adalah untuk turut memberikan pengawasan pada pelaksanaan UN. Hal ini supaya apa yang dilaporkan sesuai dengan fakta di lapangan. Adapun dua sekolah yang dikunjungi adalah SMAN 30 dan SMKN 26 Jakarta.

“BPKP merupakan mitra, khususnya pada irjen. Dalam melakukan tugasnya, menteri membutuhkan pengawasan, baik hal yang sifatnya nasional atau strategis,” terang Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pembangunan Manusia, dan Kebudayaan (Polsoskam PMK) BPKP, Binsar H Simanjuntak, di SMAN 30 Jakarta, Kamis (7/4/2016).

Dalam kunjungan yang didampingi oleh kepala sekolah, Binsar dan Daryanto mengecek langsung komputer yang akan digunakan peserta UNBK. Hasilnya, komputer siap untuk dioperasikan oleh para siswa. Pengawas, teknisi, dan proktor juga sudah berada dalam setiap ruangan.

“Tahun ini adalah pelaksanaan UNBK kedua untuk SMAN 30. Jumlah peserta UN ada 279 siswa, terdiri dari 143 siswa jurusan IPA dan 136 siswa IPS. Untuk pelaksanaan UNBK tahun ini kami sudah melakukan persiapan dengan menambah unit komputer dan juga memperkuat jaringan,” ucap Kepala Sekolah SMAN 30 Jakarta, Dwi Arsono.

Dwi menerangkan, sekolah menyediakan tiga ruang ujian, yakni dalam satu hari terdapat tiga kali sesi UNBK. Hari ini, para siswa akan mengerjakan ujian biologi untuk siswa jurusan IPA dan sosiologi untuk siswa jurusan IPS.

Sementara sebelum UNBK sesi satu dimulai, rombongan Kemdikbud dan BPKP melanjutkan peninjauan UN di SMKN 26 Jakarta. Di sana, para siswa dijadwalkan mengikuti ujian teori kejuruan. SMKN 26 sendiri pada UNBK tahun lalu memperoleh penghargaan dari Mendikbud Anies Baswedan sebagai salah satu sekolah yang punya nilai integritas tinggi.

“Kami akan selalu melakukan pengawasan. Untuk UN ini ada tujuh posko yang mengawasi. Semoga sampai hari Selasa nanti pelaksanaan UNBK lancar, dan capaian ujian dengan integritas bisa in line,” imbuh Irjen Daryanto

Sumber : www.okezone.com