SMKN 9 Garut Story

0
160

Keyakinan, kebersamaan, kerja keras, serta  pengabdian menjadikan sebuah mimpi hebat. Mimpi-mimpi yang selalu dimulai dari setitik keinginan kecil. Titik-titik kecil tersebut akan terwujud menjadi sesuatu yang utuh dan keras oleh sebuah tekad yang ikhlas.

Bayongbong salah satu petakan tempat yang berada di Kota Intan disaksikan dengan gagah oleh dua penjaga yang begitu kokoh “ya” siapa lagi? kalau bukan Gunung Cikuray dan Gunung Papandayan,  yang selalu menjadi primadona para pencinta lukisan sang Maha Pencipta. Ya Inilah Kota Intan sebutan dari sang Proklamator Bung Karno, kami adalah Kota Garut.

SMKN 1 Bayongbong inilah kami sebagai titik dimulainya sebuah perjuangan. Hasil dari ketegangan, perdebatan, dan keikhlasan, menyerukan kami untuk tetap bertahan sembari berjongkok. Mengeluh tak mungkin, bersyukurpun adalah kewajiban yang harus kami lakukan sebagai seorang manusia. Setiap hari kami berjongkok beralaskan tikar bersuara tinggi bahkan berteriak jika perlu. Mendidik generasi yang menyimpan beribu harapan pada kami.

Senyuman, dan harapan adalah respon yang kami dapatkan ketika kami mulai berdiri pada tahun 2007 hingga menghadirkan sebuah sarana pendidikan bagi masyarakat sekitar. Respon positif begitu terasa oleh Bpk. Syarif Hidayat, M.Pd Kepala Sekolah pertama SMKN 1 Bayongbong.

Basah, ya tanah basah sawah melumuri telapak kaki ditemani sinar matahari diujung mata. Kami menapaki masa depan yang telah kami pilih demi menjadi embun yang bertahan hingga sejuk berubah menjadi terik. Inilah peluh yang kami siapkan untuk bertemu sang generasi penakluk zaman.

Cepat! SMKN 1 Bayongbong yang telah bermetamorfosis menjadi SMKN 9 Garut pada tahun 2008. Waktu tidak terasa bahkan setelah kami mendapatkan tempat baru semenjak tahun 2008 kini 5 tahun berlalu pergantian Kepala Sekolah Pak Supriyanto, MM juga memberikan pengaruh terhadap perkembangan sekolah, kini di tahun 2014-2015 ada 1203 siswa yang memenuhi setiap barisan upacara dihari senin. Dibukanya kompetensi keahlian baru yakni Teknik Gambar Bangunan, Teknik Elektronika Industri, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Multimedia menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar untuk mempercayakan anak-anaknya mengadu masa depan di SMKN 9 Garut.

Sang Pemimpi berkhayal, berinspirasi, mencatat, dan berharap. Semenjak lama berjongkok kini kami sudah mulai berdiri bahkan memiliki kursi untuk duduk walaupun kami harus merasakan kering dan basahnya lumpur. Satu demi waktu semua bergerak menciptakan rasa cinta dan percaya diri. Mimpi itu terwujud salah satunya adalah berjalan memakai sepatu menuju hari berpeluh. Metamorfosis yang menjadikan kami jauh berkembang Sekolah yang berkualitas, dan profesional.

Mimpi terwujud perkembangan semenjak 2008 dimana pembangunan terus diupayakan agar kualitas mencetak generasi baru yang jauh lebih baik. Kini pembangunan dengan jumlah 42 ruang kelas, ruang guru, lab. komputer, lab. kimia, perpustakaan, gedung serbaguna, lapangan, bengkel. Dengan luas tanah 15.000 m² kami dapat menampung 1638 peserta didik dan 150 guru serta staf tata usaha ditahun ajaran 2019-2020.

Dalam menyiapkan dan mencetak lulusan – lulusan yang berprestasi dan berkarakter kami berusaha menyediakan wadah bekerjasama dengan 150 perusahaan untuk praktek kerja lapangan agar peserta didik dapat terus mengembangkan kualitas persiapan diri dilapangan juga menghadapi tantangan zaman yang semakin maju dan global. Tidak hanya diluar sekolah tetapi dalam bidang non akademis ada banyak wadah yang bisa peserta didik pilih. Dalam bidang Intrakurikuler ada OSIS dan Ekstrakurikuler ada Bela Negara ada Paskibra, Pramuka, dan PMR, Bidang Olahraga dan Bela Diri : Voly, Futsal, Basket, badminton, atletik, dan karate,   Bidang Kesenian : Tari Tradisional, Teater, Musik, dan Melukis, Bidang Spiritual : Rohis, sedangkan dalam OSN ada English Club dan Komunitas Barudak IT.

Mewujudkan visi dan misi SMKN 9 Garut merupakan tujuan utama yang harus kami kejar. Inilah salah satu terwujudnya misi dalam reformis menjadi sekolah terdepan kami sudah bekerja sama dengan instansi sekitar salah satunya lulusan sejak 2012 rekruitmen PT. Base Agro Kalimantan sebagai Arsitektur Developer dan menjadi konsultan rancangan Mesjid Agung Bayongbong. pembentukan karakter yang berprestasi, SMKN 9 Garut menjuarai Lomba Sekolah Sehat Tk. Kec. Bayongbong tahun 2015, serta mendapatkan piagam penghargaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai Sekolah dengan Integritas Baik dalam Kegiatan Ujian Nasional (UN) tahun 2015. Dibidang Akademis yaitu Menjuarai LKS Teknik Gambar Bangunan (DPIB) Tk. Provinsi Jawa Barat tahun 2018, dan bidang olahraga Menjuarai O2SN cabang atletik Tk. Provinsi Jawa Barat tahun 2019. dibidang non akademis Juara 2 FLS2N Gitar solo Tk. Kabupaten Garut tahun tahun 2018.

Kemarin, hari ini, dan hari esok seperti air yang mengalir tidak kesempatan untuk kembali ke tempat dia pertama jatuh terus mengalir mengikuti jalur yang membawanya ke laut lepas. Seperti itulah hidup, kami hanya ingin terus maju berjalan sedikit menoleh untuk menata strategi demi sang penakluk zaman.

Kini titik baru sedang kami rancang dan buat untuk memajukan dunia pendidikan, program yang menanti terealisasikan di tahun yang akan datang. Selain ingin mencetak generasi yang berkualitas dan profesional, kami juga ingin mencetak generasi yang bertameng spiritual, beriman dan taqwa. Program boarding school berbasis pesantren sedang kami rancang untuk demi terwujudnya hal tersebut.

SMK BISA!, SMKN 9 GARUT PASTI BISA!